FAJAR FAUZAN ZUHDI

2156031026

TUGAS – KUIS – UAS

 

TUGAS

MATERI 1

RESOLUSI KONFLIK

 

Definisi Konflk

Frost & Wilmot (1978) dalam Mulyana (2002) mendefinisikannya sebagai suatu “perjuangan yang diekspresikan antara sekurang-kurangnya dua pihak yang saling bergantung, yang mempersepsi tujuan-tujuan yang tidak sepadan, imbalan yang langka, dan gangguan dari pihak lain dalam mencapai tujuan mereka”. Konflik berasal dari kata confligere yang artinya “bersama” atau “bersaling-saling” dan fligere yang artinya “tubruk” atau “bentur”. Adapun konflik secara harfiah adalah perbenturan antara dua pihak yang tengah berjumpa dan bersilang jalan pada suatu titik kejadian, yang berujung pada terjadinya benturan.  Sedangkan secara umum konflik didefinisikan sebagai suatu peristiwa yang timbul karena adanya niat-niat disengaja antara pihak-pihak yang berkonflik tersebut.

 

Klasifikasi konflik dalam KAP berdasarkan penyebabnya

1. Pseudoconflict

Pseudo conflict adalah konflik interpersonal yang terjadi karena kesalahpahaman. Orang-orang yang terlibat dalam konflik ini merasa mempunyai tujuan berbeda, padahal kenyataannya sama. Cara untuk menyelesaikan konflik ini tidak sulit, mereka yang terlibat perselisihan cukup duduk bersama dan memberikan klarifikasi terkait pemicu kesalahpahaman.

2. Fact conflict

Konflik ini terjadi saat dua orang atau lebih mempunyai perbedaan pendapat mengenai informasi tertentu. Untuk mengatasinya, masing masing pihak cukup memeriksa apakah sumber informasi tersebut kredibel dan bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya. Tabayun : klarifikasi informasi

 3. Value conflict

Value conflict merupakan konflik yang terjadi ketika perbedaan nilai-nilai pribadi di dalam diri seseorang memicu ketidaksepakatan. Misalnya, kita dan rekan kerja memiliki pandangan berbeda soal hak hukuman mati. Jenis konflik ini tidak selalu memiliki jalan penyelesaian yang jelas. Setiap orang mempunyai nilai dan keyakinan pribadi yang beragam. Oleh sebab itu, salah cara yang bisa ldilakukan untuk meredam konflik adalah menerimanya dan tidak memaksakan pendapat ke orang lain, memahami perbedaan latar belakang budaya dan sosial politik seseorang.

4. Policy conflict

Konflik ini terjadi pada saat Anda memiliki perbedaan pendapat terkait rencana tindakan atau strategi pemecahan masalah dalam situasi tertentu dengan orang lain. Faktor-faktor yang berkontribusi dalam perbedaan pendapat tersebut antara lain pendidikan hingga kepribadian, latar belakang pengetahuan dll. Contoh : setiap orangtua punya cara mereka masingmasing untuk mendidik anak. Jika suami – istri melihat orang terdekat mendidik buah hatinya dengan cara berbeda, hal tersebut dapat memicu konflik.

5. Ego conflict

Ego conflict adalah konflik yang terjadi ketika salah satu orang tidak mau mengalah untuk menyelesaikan masalah. Konflik ini seringkali berkembang dengan jenis konflik lain, yang kemudian masalah menjadi semakin sulit untuk terselesaikan. Untuk menyelesaikannya, salah satu pihak diharuskan mengalah. Jika tidak ada yang mau mengalah, tindakan penyelesaian yang dilakukan kemungkinan besar akan selalu berakhir dengan kegagalan. Biasanya ego yang mendominasi pada konflik ini.

 6. Meta conflict

Meta conflict merupakan perseteruan yang terjadi ketika komunikasi antara satu sama lain tak berjalan dengan efektif. Konflik ini juga, bisa terjadi karena masalah yang komplek pada diri sesorang. •Cara mengatasi konflik ini yaitu dengan melakukan komunikasi secara jelas. Apabila tak segera diselesaikan, hubungan antara orang-orang yang terlibat perselisihan dapat menjadi lebih rumit.

 

Langkah Langkah : dalam resolusi Konflik

• Identifikasi masalah penyebab / akar konflik

• Identifikasi perasaan – suasana yang tercipta akibat konflik

• Identifikasi impact / akibat yang terjadi karena konflik • Memutuskan Langkah-Langkah yang akan diambil

• Melaksanakan program / Langkah-Langkah yang sudah direncanakan

• Laksanakan resolusi konflik

• (Jika belum selesai, maka ulangi lagi Langkah dari atas)

 

Makna Resolusi Konflik

• Resolusi konflik adalah suatu pendekatan yang memiliki tujuan untuk menyelesaikan konflik melalui pemecahan masalah secara konstruktif.

• Konflik adalah : dua kepentingan berbeda pada waktu yang sama.

• Konflik terjadi ketika lebih dari satu individu memiliki nilai, opini, kebutuhan, atau kepentingan yang berbeda dan tidak mampu mencari jalan keluarnya atau resolusi konfliknya.

 

Cara mengatasi Konflik KAP :

• Menang-menang (win-lose and winwin win strategy),

• Strategi menghindari dan tidak melayani pertengkaran (avoidance and an active fighting strategy),

• Strategi pemaksaan dan berbicara (force and talk strategy),

• Strategi menurunkan atau menaikkan ego (face-detracting and faceenhancing strategy),

• Strategi berbicara secara agresif dan argumentative (verbal aggressiveness and argumentativeness strategy. (Winata, 2013)

 

MATERI 2

PERSONAL BRANDING

 

Bentuk Bentuk Pesan Non Verbal dalam KAP

Kinesic :

• Kontak Mata

• Ekspresi Wajah

• Emosi

• Gerak Isyarat

• Sikap Badan

• Sentuhan

 

Paralanguage / paralinguistik :

• Pola Titinada

• Volume suara

• Kecepatan berbicara

• Kualitas suara

 

Isyarat Isyarat Pengenalan Diri

Komunikasi dengan Penciuman

• Harum haruman bukan hanya sebagai isyarat pengharum, tetapi juga dapat sebagai pengubah suasana dan pengubah mood

• Mengenalkan diri sebagai maskulin, feminin, ceria, lembut melalui aroma yg digunakan

• Aroma sebagai penciri (citra diri) dan identitas

Komunikasi dengan warna, warna mempunyai makna tertentu yang menunjukkan kepribadian

• Putih : pembersih, kesucian, kelembutan, kerapian

• Abu – abu : elegan, sederhana , futuristik, kerendah hatian

• Merah : ceria, keberanian, semangat/ motivasi

• Hitam : kegelapan, misterius, tidak jelas, tegas

• Hijau : subur, alami

• Biru : cerah, futuristic, setia, royal

 

PENGARUH GENDER DAN KULTURAL PADA PESAN NON VERBAL :

Kinesik

• Kontak Mata : perempaun lebih dominan, laki-laki lebih tegas

• Ekspresi Wajah dan Gerak Isyarat : berbeda antar kultural,

• Haptics (jauh dan dekat ) : jika orang barat dekat tak berjarak berarti akrab, jika muslim bukan muhrim, harus berjarak

• Paralinguistik ( keras, lembutnya suara, intonasi, feminin maskulin dipengaruhi oleh budaya geografis : org pedalaman, atau pantai suara lebih keras

• Proksemik dan wilayah : jarak jauh dan jarak dekat membuat perbedaan : orang yang tidak akrab, bicaranya tdk mau dekat.

 

Artefak , atribut : gender

• Artefak dan penampilan fisik (dekoratif, atau fungsional)

• Kronemik (perbedaan waktu) waktu Indonesia molor, bangsa lain senang tepat waktu

• Penciuman (aroma maskulin) lebih disukai laki laki,

• Aroma bunga, buah : disukai wanita

• Pesan warna : warna pastel disukai oleh negara / wilayah dingin, warna cerah disukai oleh negara/ daerah panas

Isyarat Isyarat Pengenalan Diri

Penampilan Fisik tertentu dimaknai tertentu, misalnya :

• Gendut : maknanya.... suka makan, kurang olah raga, suka tidur

• Kurus : maknanya kurang makan, • Postur kekar : atletis, suka berolahraga, aktivis, pekerja keras

Waktu :

• Kronemik tepat tidak tepatnya waktu

• Orang yang tepat waktu : dianggap disiplin

• Monokronemik : makna waktu tunggal, bisa jadi harus ada kesepakatan dulu

• Dapat menyebabkan gagalnya komunikasi bisnis

• Indonesia dikenal dengan jam karet, orang barat dikenal dengan monokrometik, waktu tunggal

• Besok : bagi orang jawa bermakna besok besok, kapan kapan

Pengenalan Diri yang baik : penggunaan atribut

Jika ingin mengenalkan diri dengan kesan tertentu, tampilan fisik harus mendukung

• Pengenalan diri kuat, : body atletis

• Pengenalan diri feminin : hindari jeans atau celana panjang, pakai rok lebar, aksesoris yang manis

• Pengenalan diri gentleman : pakaian formal, rapi, bersih, tepat waktu, ramah

• Religius : gunakan atribut – atribut religious

Penampilan dan citra diri : Personal Branding

Personal Branding Era digital

• Self disclosure menggunakan media sosial

• IG

• Twitter

• TikTok

• FB

• blog

• ##Media sosial telah dimanfaatkan sebagai tempat curhat dan penampilan diri dalam rangka personal branding

• Media sosial telah mengalahkan pribadi, dalam rangka saluran self disclosure dan personal branding

 

Personal Branding terkait dengan teori Dramaturgi Irving Goffman

• Setiap pelaku sosial = pemain sandiwara

• Panggung depan : penampilan terbaik, terindah

• Penampilan depan : hanya topeng, make up, polesan

• Tampak depan : kepalsuan

• Panggung belakang : yang asli namun disembunyikan Dunia ini panggung

 

MATERI 3

TEORI DASAR KAP DAN TEORI KONFLIK

Interaksionisme simbolik

Tokoh : George Herbert Mead Pikiran utama : komunikasi antar manusia terjadi melalui pertukaran makna

Manusia bertindak dengan yang lainnya, berdasarkan makna informasi simbolik yang diterimanya, lalu makna itu di modifikasinya.Manusia saling memeprtukarkan symbol, dimaknai dan saling mempngaruhi melalui symbol symbol tersebut.

 

Teori Pelanggaran harapan

Tokoh : E.M Griffin Dasar teori, Hubungan antar pribadi dipengaruhi oleh harapan atas ruang pribadi (personal space)  

Jika jarak antar pribadi dilanggar, akan terjadi hambatan komunikasi antar personal, karena dianggap tidak sopan sehingga timbul ketidaknyamanan, Biasanya membagi jarak : jarak akrab, jarak personal, jarak sosial dan jarak public. Contoh : Orang yg sdh akrab, boleh masuk rumah, ruang keluarga dengan ruang tamu (bukan keluarga) pasti berbeda.

 

Teori kebohongan antar pribadi

Tokoh : Bavid Buller dan Judge Burgon. Respon dalam komunikasi antar pribadi merupakan kebohongan, atau jawaban berkelit untuk menghindarkan dari kondisi yang tak diinginkan.

Kebohongan : concept of deception, dibuat untuk membuat keyakinan atau kesimpulan palsu. Kadang kadang dalam KAP, akan terjadi pembohongan untuk mengelabui

 

Teori Penetrasi Sosial

Tokoh Erwin Altman dan Dalmas Taylor .Komunikasi , pengungkapan diri dan keakraban adalah unsur pokok hubungan antar pribadi.

Hubungan sering dihargai seperti keuntungan dan biaya yang harus dikeluarkan.

Rumus hubungan : H = I-B • Hasil hubungan = imbalan – Biaya

Profit = reward – cost.

Hubungan bisa berakhir, jika perhitungan tidak menghasilkan profit (kenyamanan, keselamatan dll).

 

Teori Reduksi Ketidakpastian

Charles R.Berger, Richard J. Calabrese. Individu melakukan tindakan memprediksi perilaku komunikan. Setiap individu yang berinteraksi selalu memiliki prediksi terhadap perilaku komunikannya. Reaksi komunikan merupakan ketidakpastian, namun sudah diprediksi sebelumnya.

 

Teori keseimbangan

Fritz Heider ,Jika seseorang setuju pada tindakan tertentu, ia akan melakukannya dengan senang hati  Jika ia tidak setuju tetapi telah melakukannya, ia akan mengalami stress, gangguan jiwa. Untuk itu ia akan mengurangi ketidaknyamanan itu dengan cara mengubah sikap terhadap tindakannya.

 

Teori kesesuain(congruity teori) 

Teori ini dikemukakan oleh Charles Osgood, dalam teori ini menyebutkan bahwa orang-orang yang berpengaruh cenderung bisa merubah pandangan orang lain.

 

Teori Konflik Antar Pribadi

1.    Konflik prinsip-komunal

Konflik ini terjadi karena prinsip yang berbeda, meskipun sebagiannya ada persamaan. Konflik ini biasanya terjadi pada suatu kelompok contohnya: sepasang suami istri yang setuju untuk mempunyai anak namun istri dan suami memiliki perbedaan pendapat tentang kapan akan mempunyai anaknya.

 

2.     Konflik realistic-non realistic

Konflik ini timbul ketika seseorang yang frustasi atau ada masalah malah melampiaskannya ke orang lain. Tujuan dari konflik ini adalah untuk melepaskan kefrustasian melalu agresi. Contohnya:seseorang suami yang melampiaskan marah kepada istrinya padahal sang suami sedang kesal dengan bosnya dikantor.

 

3.     Konflik pribadi dan individu

Konflik ini dibuat untuk kepentingan pribadi,namun ada juga orang yang berkonflik demi melindungi orang lain(pimpinan lindungi bawahan).

 

4.    Konflik perilaku dan atributions

Individu yang terlibat dalam konflik ini memiliki alasan. Konflik ini terjadi bila satu pihak merasa benar dan tidak salah,namun bagi pihak lain itu merupakan suatu masalah. Contohnya: Makan berkecap, bersuara, bisa dianggap tidak sopan bagi orang lain

 

5.     Konflik pelanggaran-tanpa pelanggaran

Konflik ini terjadi akibat dari pelanggaran. Konflik ini memiliki 3 karakter kunci yaitu: focus,mencolok mencolok mata(salience),kosekuensi(consequence).

 

6.    Konflik antagonistic-dialektik

Konflik ini terjadi apabila ada tuntutan dari satu individu namun individu yang lain tidak dapat memenuhinya.

 

Q n A 1 (KUIS)

 

1. Sebutkan dan uraikan ciri-ciri komunikasi dalam hubungan akrab

Jawab :

1). Ramah dan kasih saying

2). Kepercayaan

3). Pengungkapan diri

4). Tanggung jawab

 

Hubungan akrab pada gender :

Pria – dengan pria

• Pembicaraan bersifat topikal. Dengan topik tertentu

• Jarang melakukan pengungkapan diri

• Pengembangan kedekatan tidak dengan pengungkapan diri tetapi dengan cara lain, yaitu : kegiatan bersama, kebaikan bersama, aktivitas  bersama

• Playfull insult, bersaing, berolok-olok sebagai tanda kedekatan

• Peduli, ditandai dengan pertolongan praktis, saling batu, dan persahabatan

 

Wanita – dengan wanita

• Lebih sering dan suka saling membuka diri dan mengungkapkan perasaannya (curhat, sharing)

• Berkisar pada kategori topik topikal,: relasional, dan pribadi, mode, tentang pria, makanan, keluarga, mode, trend terbaru

• Lebih cepat berkembang, lebih cepat dan lebih mudah putus (hal ini karena perempuan lebih perasa)

 

Hubungan akrab berdasarkan latar gender :

Pria – dengan wanita

• Wanita lebih suka mengkritik pria sebaliknya bagi pria

• Wanita lebih menuntut dan memberi arti persahabatan sebagai keterbukaan, pengungkapan diri, rahasia

• Sementara pria, sebaliknya, lebih praktis , pertolongan teknis

• Yang muda lebih suka persahabatan berbeda gender, bagi yang sudah tua menghindari persahabatan beda gender

Pernikahan dan hubungan akrab jangka panjang

• Wanita tetap memerlukan teman akrab sesama wanita, meskipun sudah memiliki pasangan hidup

• Pria, biasanya sudah merasa cukup dengan istrinya sebagai supporter hidupnya

• Pasangan awet biasanya ditandai oleh karakter-karakter keluarga :

• mutual respect (saling menghargai), comfortable level of closenes (ada cukup waktu untuk kebersamaan, atau berduaan), adanya tujuan jangka panjang yang harus dicapai bersama (keluarga sakinah, anak-anak yang sholeh, harga diri dan masa depan keluarga)

 

2. Sebutkan dan jelaskan fungsi komunikasi dalam hubungan akrab pada keluarga!

Jawab:

Menjalin hubungan baik dengan seseorang Ketika hubungan baik sudah terjalin timbulah rasa percaya dan seseorang bisa membuka diri (Self Disclosure)

 

3.  Apa yang anda ketahui mengenai 4 ruang pada diri seseorang menurut teori Johari window? Uraikan dan jelaskan pokok pokok pikirannya, dan contohnya masing masing ruang tersebut!

Jawab:

Ruang-ruang pribadi menurut Johari Window

1). Open Area (diketahui diri sendiri dan orang lain)    

2). Blind Area (tidak diketahui diri sendir namun diketahui orang lain)

3). Hidden Area (diketahui diri sendiri tetapi tidak diketahui dan orang lain)

4). Unknown Area (tidak diketahui diri sendiri maupun orang lain)

 

4.  Sebut dan jelaskan beberapa jenis Konflik menurut : Verderber dan Fink serta cara – cara resolusi konflik / cara mengatasi konflik!

Jawab:

1). Ego conflict

Ego Conflict adalah perseteruan antar induvidu yang salah satu di antaranya tidak mau mengalah. Cara untuk mengatasi konflik ini dengan cara salah satu pihak harus ada yang mengalah, karena jika tetap berpegang teguh pada pendiriannya ego conlict tidak dapat diselesaikan.

2). Trust conflict

Konflik interpersonal terjadi karena krisis kepercayaan terhadap orang lain. Konflik ini disebut dengan trust conflict. Cara mengatasinya konflik ini dengan melakukan komunikasi interpersonal untuk membuat hubungan menjadi akrab dan kepercayaan akan terbangun dengan sendirinya.

3). Value conflict

Value Conflict dapat terjadi akibat orang-orang yang terlibat di dalamnya berpegang teguh pada pendapat tentang penilaian-penilain yang bersifat pribadi. Cara mengatasi konflik ini dengan saling menghargai perbedaan pendapat satu sama lain.

4). Fact conflict

Fact conflict terjadi akibat perbedaan pendapat antar induvidu dalam sebuah perspektif karena disinformasi. Cara untuk  mengatasi konflik ini dengan mencari dan mengumpulkan data yang objektif, karena data itu akan menjadi jalan keluar dalam konlik tersebut.

5). Pseudo conflict

Konflik ini terjadi akibat kesalahpahaman. Cara mengatasi konflik ini adalah dengan cara menggunakan kepala dingin untuk mendiskusikan kesalahpahaman yang terjadi.

 

UAS

1. Uraikan tentang personal branding kaitannya dengan Teori dramaturgi

Jawab :

Teori Dramaturgi adalah teori yang menjelaskan bahwa di dalam kegiatan interaksi satu sama lain sama halnya dengan pertunjukkan drama. Dalam hal ini, aktor yang menampilkan segala sesuatu untuk mencapai tujuan tertentu melalui drama yang dilakukannya. Identitas seorang aktor dalam berinteraksi dapat berubah, tergantung dengan siapa sang aktor berinteraksi (Widodo, 2010:167).

Lalu personal branding adalah sebuah pencitraan pribadi yang mewakili serangkaian keahlian, suatu ide cemerlang, sebuah sistem kepercayaan, dan persamaan nilai yang dianggap menarik oleh orang lain, atau suatu proses membentuk persepsi masyarakat terhadap aspek-aspek yang dimiliki oleh seseorang, diantaranya adalah kepribadian, kemampuan, atau nilai-nilai, dan bagaimana stimulus – stimulus ini menimbulkan persepsi positif dari masyarakat yang pada akhirnya dapat digunakan sebagai alat pemasaran. Dan teori dramatulgi ini sangat terkait dengan personal branding, biasanya seseorang akan memperlihatkan sisi baiknya untuk di presentasikan kepada orag lain. Salah satunya melalui platform sosial media seperti instagram.

 

2. Deskripsikan jelaskan fitur-fitur dan fungsinya pada IG

Jawab :

1. Unggah foto dan video (feed)

Feed Instagram adalah beranda atau halaman profil yang menampilkan foto dan video yang telah diunggah ke Instagram. Feed Instagram akan langsung terlihat saat seseorang mengunjungi halaman profil Anda. Feed Instagram yang bagus dan menarik dapat meningkatkan jumlah pengikut atau follower dan juga like yang dimiliki.

2. Instastory

     Instastory adalah salah satu fitur inovatif yang dibuat oleh Instagram agar pengguna bisa berbagi tentang kegiatan sehari-hari mereka, apapun kegitannya bisa dimasukan ke dalam Instastory yang hanya berdurasi kurang lebih 15-20 detik saja. Dan Instastory pun tidak tersimpan lama seperti postingan reguler. Instastory ini hanya tersimpan selama 24 jam dari mulai si pengguna share Instastory tersebut. Ada yang menggunakan sebagai postingan sementara, ada juga yang memanfaatkan untuk berjualan, ada yang hanya sekedar ingin pamer dengan kegiatannya, ada pula yang ingin menunjukan hasil karya mereka dengan ditautkan sebuah link di dalam Instastory nya.

3.  IGTV

     Salah satu fitur paling populer dari Instagram mendapatkan popularitas besar saat ini adalah video IGTV. Untuk meningkatkan visibilitas video IGTV, Instagram mulai memperlakukannya sebagai postingan Instagram biasa. Ketika Anda mengunggah video IGTV, video tersebut akan terlihat di preview berita serta profil followers Anda. Namun, ingat bahwa itu akan memutar preview 60 detik yang akan menarik followers. Video IGTV akan membantu Anda mendapatkan followers, tetapi Anda juga dapat membeli pengikut di Instagram untuk meningkatkan kecepatan proses.

6. Instagram Insight

Fitur Instagram terbaru ini akan membantu pengguna Instagram Bisnis untuk melihat siapa saja yang melihat profil bisnisnya. Informasi seperti usia, demografi, serta minat konsumen akan terlihat di fitur Instagram terbaru ini. Misalnya, rata-rata usia pengguna yang datang ke profil bisnis adalah 18-30 tahun, yang tinggal di sekitar Jabodetabek. Insight ini sangat bermanfaat untuk menentukan langkah marketing apa yang harus dilakukan selanjutnya. Rentang usia juga bisa dijadikan patokan untuk melihat perkembangan trend.

 

7. Siaran Langsung (Live)

Fitur Instagram terbaru yang menarik perhatian calon pembeli adalah Instagram Live. instagram beranggapan bahwa bisnis yang melakukan Live mendapat like lebih banyak daripada mereka yang tidak Live. Konten yang ditampilkan bisa beragam. Pelanggan biasanya tertarik dengan cerita di balik layar, seperti cerita pembuatan makanan atau kerajinan tangan.

 

 3. Ambillah contoh 2 IG milik 2 orang (boleh di pilih 1 IG milik artis dan 1 IG milik ibu ibu sosialita atau orang biasa/ influencer

 4. Buatlah analisis pada kedua konten, IG tersebut. Analisislah bagaimana mereka membranding dirinya, melalui fitur-fitur pada IG mereka

 5. Kaitkan pembahasan analisis branding IG menggunakan konsep Johari Window dan teori dramaturgi

Jawaban nomer 3,4, dan 5

1. Pamungkas

     Rizki Rahmahadian Pamungkas, yang lebih dikenal dengan nama panggung Pamungkas, adalah seorang penyanyi, produser rekaman, dan penulis lagu, Pamungkas adalah pencipta lagu To the bone sempat booming di media sosial beberapa waktu belakangan.

 

 

 

 

 

 

No

Fitur dan tanggal unggah

Konten fitur di Instagram

Analisa berdasarkan teori Johari Window dan Dramatulgi

Keterangan

 

1.

 

Feed instagram / postingan

30 Nov 2021




 

Kalau dianalisa menggunakan

Teori johari window akun

@pamunqkas ini meng-gunakan konsep open area. Dimana semua konten ditujukan untuk menginfokan  dirinya ke folowers sekaligus mencari uang.ada branding yang terjadi pada ruang personal akun ini

 

Kalau dianalisa Berdasarkan teori dramaturgi akun @pamunqkas membranding dirinya sebagai tokoh musisi

 

Jumlah like : 78,364

Jumlah komentar:

480

Jumlah pengikut :

1 juta

 

 

Bahan diambil dari ig @pamunqkas diakses pada tanggal 29 november 2021

 

 

 

2. Najwa Shihab

No

Fitur dan tanggal unggah

Konten fitur di Instagram

Analisa berdasarkan teori Johari Window dan Dramatulgi

Keterangan

 

1

 

Feed instagram / postingan

17 Nov 2021




 

Berdasarkan teori Johari Window, postingan foto tersebut merupakan bagian dari open atau free area dimana publik dan Najwa Shihab sendiri mengetahui bahwa Najwa Shihab asalah news anchor dalam acara Mata Najwa. Begitu juga jika dilihat berdasarkan teori dramaturgi yang merupakan bagian dari panggung depan. Dimana panggung itu berupa atribut dan penampilan fisik lainnya yang menunjukkan bahwa Najwa Shihab merupakan seorang news anchor dari Mata Najwa.

 

Jumlah like :176,631

Jumlah komentar: 569

Jumlah pengikut :

20,6 juta

 

Komentar