FAJAR FAUZAN ZUHDI
2156031026
TUGAS – KUIS – UAS
TUGAS
MATERI 1
RESOLUSI KONFLIK
Definisi Konflk
Frost & Wilmot
(1978) dalam Mulyana (2002) mendefinisikannya sebagai suatu “perjuangan yang
diekspresikan antara sekurang-kurangnya dua pihak yang saling bergantung, yang
mempersepsi tujuan-tujuan yang tidak sepadan, imbalan yang langka, dan gangguan
dari pihak lain dalam mencapai tujuan mereka”. Konflik berasal dari kata
confligere yang artinya “bersama” atau “bersaling-saling” dan fligere yang
artinya “tubruk” atau “bentur”. Adapun konflik secara harfiah adalah
perbenturan antara dua pihak yang tengah berjumpa dan bersilang jalan pada
suatu titik kejadian, yang berujung pada terjadinya benturan. Sedangkan secara umum konflik didefinisikan
sebagai suatu peristiwa yang timbul karena adanya niat-niat disengaja antara
pihak-pihak yang berkonflik tersebut.
Klasifikasi konflik dalam
KAP berdasarkan penyebabnya
1. Pseudoconflict
Pseudo conflict adalah
konflik interpersonal yang terjadi karena kesalahpahaman. Orang-orang yang
terlibat dalam konflik ini merasa mempunyai tujuan berbeda, padahal
kenyataannya sama. Cara untuk menyelesaikan konflik ini tidak sulit, mereka
yang terlibat perselisihan cukup duduk bersama dan memberikan klarifikasi
terkait pemicu kesalahpahaman.
2. Fact conflict
Konflik ini terjadi
saat dua orang atau lebih mempunyai perbedaan pendapat mengenai informasi tertentu.
Untuk mengatasinya, masing masing pihak cukup memeriksa apakah sumber informasi
tersebut kredibel dan bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya. Tabayun :
klarifikasi informasi
3. Value conflict
Value conflict
merupakan konflik yang terjadi ketika perbedaan nilai-nilai pribadi di dalam
diri seseorang memicu ketidaksepakatan. Misalnya, kita dan rekan kerja memiliki
pandangan berbeda soal hak hukuman mati. Jenis konflik ini tidak selalu
memiliki jalan penyelesaian yang jelas. Setiap orang mempunyai nilai dan
keyakinan pribadi yang beragam. Oleh sebab itu, salah cara yang bisa ldilakukan
untuk meredam konflik adalah menerimanya dan tidak memaksakan pendapat ke orang
lain, memahami perbedaan latar belakang budaya dan sosial politik seseorang.
4. Policy conflict
Konflik ini terjadi
pada saat Anda memiliki perbedaan pendapat terkait rencana tindakan atau
strategi pemecahan masalah dalam situasi tertentu dengan orang lain.
Faktor-faktor yang berkontribusi dalam perbedaan pendapat tersebut antara lain
pendidikan hingga kepribadian, latar belakang pengetahuan dll. Contoh : setiap
orangtua punya cara mereka masingmasing untuk mendidik anak. Jika suami – istri
melihat orang terdekat mendidik buah hatinya dengan cara berbeda, hal tersebut
dapat memicu konflik.
5. Ego conflict
Ego conflict adalah
konflik yang terjadi ketika salah satu orang tidak mau mengalah untuk
menyelesaikan masalah. Konflik ini seringkali berkembang dengan jenis konflik
lain, yang kemudian masalah menjadi semakin sulit untuk terselesaikan. Untuk
menyelesaikannya, salah satu pihak diharuskan mengalah. Jika tidak ada yang mau
mengalah, tindakan penyelesaian yang dilakukan kemungkinan besar akan selalu
berakhir dengan kegagalan. Biasanya ego yang mendominasi pada konflik ini.
6. Meta conflict
Meta conflict merupakan
perseteruan yang terjadi ketika komunikasi antara satu sama lain tak berjalan
dengan efektif. Konflik ini juga, bisa terjadi karena masalah yang komplek pada
diri sesorang. •Cara mengatasi konflik ini yaitu dengan melakukan komunikasi
secara jelas. Apabila tak segera diselesaikan, hubungan antara orang-orang yang
terlibat perselisihan dapat menjadi lebih rumit.
Langkah Langkah : dalam
resolusi Konflik
• Identifikasi masalah
penyebab / akar konflik
• Identifikasi perasaan
– suasana yang tercipta akibat konflik
• Identifikasi impact /
akibat yang terjadi karena konflik • Memutuskan Langkah-Langkah yang akan
diambil
• Melaksanakan program
/ Langkah-Langkah yang sudah direncanakan
• Laksanakan resolusi
konflik
• (Jika belum selesai,
maka ulangi lagi Langkah dari atas)
Makna
Resolusi Konflik
•
Resolusi konflik adalah suatu pendekatan yang memiliki tujuan untuk
menyelesaikan konflik melalui pemecahan masalah secara konstruktif.
•
Konflik adalah : dua kepentingan berbeda pada waktu yang sama.
•
Konflik terjadi ketika lebih dari satu individu memiliki nilai, opini,
kebutuhan, atau kepentingan yang berbeda dan tidak mampu mencari jalan
keluarnya atau resolusi konfliknya.
Cara
mengatasi Konflik KAP :
•
Menang-menang (win-lose and winwin win strategy),
•
Strategi menghindari dan tidak melayani pertengkaran (avoidance and an active
fighting strategy),
•
Strategi pemaksaan dan berbicara (force and talk strategy),
•
Strategi menurunkan atau menaikkan ego (face-detracting and faceenhancing
strategy),
•
Strategi berbicara secara agresif dan argumentative (verbal aggressiveness and
argumentativeness strategy. (Winata, 2013)
MATERI 2
PERSONAL BRANDING
Bentuk Bentuk Pesan Non
Verbal dalam KAP
Kinesic :
• Kontak Mata
• Ekspresi Wajah
• Emosi
• Gerak Isyarat
• Sikap Badan
• Sentuhan
Paralanguage /
paralinguistik :
• Pola Titinada
• Volume suara
• Kecepatan berbicara
• Kualitas suara
Isyarat Isyarat
Pengenalan Diri
Komunikasi dengan
Penciuman
• Harum haruman bukan
hanya sebagai isyarat pengharum, tetapi juga dapat sebagai pengubah suasana dan
pengubah mood
• Mengenalkan diri
sebagai maskulin, feminin, ceria, lembut melalui aroma yg digunakan
• Aroma sebagai penciri
(citra diri) dan identitas
Komunikasi dengan
warna, warna mempunyai makna tertentu yang menunjukkan kepribadian
• Putih : pembersih, kesucian,
kelembutan, kerapian
• Abu – abu : elegan,
sederhana , futuristik, kerendah hatian
• Merah : ceria,
keberanian, semangat/ motivasi
• Hitam : kegelapan,
misterius, tidak jelas, tegas
• Hijau : subur, alami
• Biru : cerah,
futuristic, setia, royal
PENGARUH GENDER DAN
KULTURAL PADA PESAN NON VERBAL :
Kinesik
• Kontak Mata :
perempaun lebih dominan, laki-laki lebih tegas
• Ekspresi Wajah dan
Gerak Isyarat : berbeda antar kultural,
• Haptics (jauh dan
dekat ) : jika orang barat dekat tak berjarak berarti akrab, jika muslim bukan
muhrim, harus berjarak
• Paralinguistik (
keras, lembutnya suara, intonasi, feminin maskulin dipengaruhi oleh budaya
geografis : org pedalaman, atau pantai suara lebih keras
• Proksemik dan wilayah
: jarak jauh dan jarak dekat membuat perbedaan : orang yang tidak akrab,
bicaranya tdk mau dekat.
Artefak , atribut :
gender
• Artefak dan
penampilan fisik (dekoratif, atau fungsional)
• Kronemik (perbedaan
waktu) waktu Indonesia molor, bangsa lain senang tepat waktu
• Penciuman (aroma
maskulin) lebih disukai laki laki,
• Aroma bunga, buah :
disukai wanita
• Pesan warna : warna pastel
disukai oleh negara / wilayah dingin, warna cerah disukai oleh negara/ daerah
panas
Isyarat Isyarat
Pengenalan Diri
Penampilan Fisik
tertentu dimaknai tertentu, misalnya :
• Gendut : maknanya....
suka makan, kurang olah raga, suka tidur
• Kurus : maknanya
kurang makan, • Postur kekar : atletis, suka berolahraga, aktivis, pekerja
keras
Waktu :
• Kronemik ➔ tepat tidak tepatnya
waktu
• Orang yang tepat
waktu : dianggap disiplin
• Monokronemik : makna
waktu tunggal, bisa jadi harus ada kesepakatan dulu
• Dapat menyebabkan
gagalnya komunikasi bisnis
• Indonesia dikenal
dengan jam karet, orang barat dikenal dengan monokrometik, waktu tunggal
• Besok : bagi orang
jawa bermakna besok besok, kapan kapan
Pengenalan Diri yang
baik : penggunaan atribut
Jika ingin mengenalkan
diri dengan kesan tertentu, tampilan fisik harus mendukung
• Pengenalan diri kuat,
: body atletis
• Pengenalan diri
feminin : hindari jeans atau celana panjang, pakai rok lebar, aksesoris yang
manis
• Pengenalan diri
gentleman : pakaian formal, rapi, bersih, tepat waktu, ramah
• Religius : gunakan
atribut – atribut religious
Penampilan dan citra
diri : Personal Branding
Personal Branding Era
digital
• Self disclosure ➔ menggunakan media
sosial
• IG
• Twitter
• TikTok
• FB
• blog
• ##Media sosial telah
dimanfaatkan sebagai tempat curhat dan penampilan diri dalam rangka personal
branding
• Media sosial telah
mengalahkan pribadi, dalam rangka saluran self disclosure dan personal branding
Personal Branding
terkait dengan teori Dramaturgi Irving Goffman
• Setiap pelaku sosial
= pemain sandiwara
• Panggung depan :
penampilan terbaik, terindah
• Penampilan depan :
hanya topeng, make up, polesan
• Tampak depan :
kepalsuan
• Panggung belakang :
yang asli namun disembunyikan Dunia ini panggung
MATERI
3
TEORI DASAR KAP DAN TEORI KONFLIK
Interaksionisme
simbolik
Tokoh : George Herbert
Mead Pikiran utama : komunikasi antar manusia terjadi melalui pertukaran makna
Manusia bertindak
dengan yang lainnya, berdasarkan makna informasi simbolik yang diterimanya, lalu
makna itu di modifikasinya.Manusia saling memeprtukarkan symbol, dimaknai dan
saling mempngaruhi melalui symbol symbol tersebut.
Teori Pelanggaran
harapan
Tokoh : E.M Griffin Dasar
teori, Hubungan antar pribadi dipengaruhi oleh harapan atas ruang pribadi
(personal space)
Jika jarak antar
pribadi dilanggar, akan terjadi hambatan komunikasi antar personal, karena
dianggap tidak sopan sehingga timbul ketidaknyamanan, Biasanya membagi jarak :
jarak akrab, jarak personal, jarak sosial dan jarak public. Contoh : Orang yg
sdh akrab, boleh masuk rumah, ruang keluarga dengan ruang tamu (bukan keluarga)
pasti berbeda.
Teori kebohongan antar
pribadi
Tokoh : Bavid Buller
dan Judge Burgon. Respon dalam komunikasi antar pribadi merupakan kebohongan,
atau jawaban berkelit untuk menghindarkan dari kondisi yang tak diinginkan.
Kebohongan : concept of
deception, dibuat untuk membuat keyakinan atau kesimpulan palsu. Kadang kadang
dalam KAP, akan terjadi pembohongan untuk mengelabui
Teori Penetrasi Sosial
Tokoh Erwin Altman dan
Dalmas Taylor .Komunikasi , pengungkapan diri dan keakraban adalah unsur pokok
hubungan antar pribadi.
Hubungan sering
dihargai seperti keuntungan dan biaya yang harus dikeluarkan.
Rumus hubungan : H =
I-B • Hasil hubungan = imbalan – Biaya
Profit = reward – cost.
Hubungan bisa berakhir,
jika perhitungan tidak menghasilkan profit (kenyamanan, keselamatan dll).
Teori Reduksi
Ketidakpastian
Charles R.Berger,
Richard J. Calabrese. Individu melakukan tindakan memprediksi perilaku
komunikan. Setiap individu yang berinteraksi selalu memiliki prediksi terhadap
perilaku komunikannya. Reaksi komunikan merupakan ketidakpastian, namun sudah
diprediksi sebelumnya.
Teori keseimbangan
Fritz Heider ,Jika
seseorang setuju pada tindakan tertentu, ia akan melakukannya dengan senang
hati Jika ia tidak setuju tetapi telah
melakukannya, ia akan mengalami stress, gangguan jiwa. Untuk itu ia akan
mengurangi ketidaknyamanan itu dengan cara mengubah sikap terhadap tindakannya.
Teori
kesesuain(congruity teori)
Teori ini dikemukakan
oleh Charles Osgood, dalam teori ini menyebutkan bahwa orang-orang yang
berpengaruh cenderung bisa merubah pandangan orang lain.
Teori Konflik Antar
Pribadi
1. Konflik prinsip-komunal
Konflik ini terjadi karena
prinsip yang berbeda, meskipun sebagiannya ada persamaan. Konflik ini biasanya
terjadi pada suatu kelompok contohnya: sepasang suami istri yang setuju untuk
mempunyai anak namun istri dan suami memiliki perbedaan pendapat tentang kapan
akan mempunyai anaknya.
2. Konflik realistic-non realistic
Konflik ini timbul
ketika seseorang yang frustasi atau ada masalah malah melampiaskannya ke orang
lain. Tujuan dari konflik ini adalah untuk melepaskan kefrustasian melalu
agresi. Contohnya:seseorang suami yang melampiaskan marah kepada istrinya
padahal sang suami sedang kesal dengan bosnya dikantor.
3. Konflik pribadi dan individu
Konflik ini dibuat
untuk kepentingan pribadi,namun ada juga orang yang berkonflik demi melindungi
orang lain(pimpinan lindungi bawahan).
4. Konflik perilaku dan atributions
Individu yang terlibat
dalam konflik ini memiliki alasan. Konflik ini terjadi bila satu pihak merasa
benar dan tidak salah,namun bagi pihak lain itu merupakan suatu masalah.
Contohnya: Makan berkecap, bersuara, bisa dianggap tidak sopan bagi orang lain
5. Konflik pelanggaran-tanpa pelanggaran
Konflik ini terjadi
akibat dari pelanggaran. Konflik ini memiliki 3 karakter kunci yaitu:
focus,mencolok mencolok mata(salience),kosekuensi(consequence).
6. Konflik antagonistic-dialektik
Konflik ini terjadi
apabila ada tuntutan dari satu individu namun individu yang lain tidak dapat
memenuhinya.
Q
n A 1 (KUIS)
1.
Sebutkan dan uraikan ciri-ciri komunikasi dalam hubungan akrab
Jawab :
1). Ramah dan kasih
saying
2). Kepercayaan
3). Pengungkapan diri
4). Tanggung jawab
Hubungan akrab pada
gender :
Pria – dengan pria
• Pembicaraan bersifat
topikal. Dengan topik tertentu
• Jarang melakukan
pengungkapan diri
•
Pengembangan kedekatan tidak dengan pengungkapan diri tetapi dengan cara lain,
yaitu : kegiatan bersama, kebaikan bersama, aktivitas bersama
• Playfull insult,
bersaing, berolok-olok sebagai tanda kedekatan
• Peduli, ditandai
dengan pertolongan praktis, saling batu, dan persahabatan
Wanita – dengan wanita
• Lebih sering dan suka
saling membuka diri dan mengungkapkan perasaannya (curhat, sharing)
• Berkisar pada
kategori topik topikal,: relasional, dan pribadi, mode, tentang pria, makanan,
keluarga, mode, trend terbaru
• Lebih cepat
berkembang, lebih cepat dan lebih mudah putus (hal ini karena perempuan lebih
perasa)
Hubungan akrab
berdasarkan latar gender :
Pria – dengan wanita
• Wanita lebih suka
mengkritik pria sebaliknya bagi pria
• Wanita lebih menuntut
dan memberi arti persahabatan sebagai keterbukaan, pengungkapan diri, rahasia
• Sementara pria,
sebaliknya, lebih praktis , pertolongan teknis
• Yang muda lebih suka
persahabatan berbeda gender, bagi yang sudah tua menghindari persahabatan beda gender
Pernikahan dan hubungan
akrab jangka panjang
• Wanita tetap
memerlukan teman akrab sesama wanita, meskipun sudah memiliki pasangan hidup
• Pria, biasanya sudah
merasa cukup dengan istrinya sebagai supporter hidupnya
• Pasangan awet
biasanya ditandai oleh karakter-karakter keluarga :
•
mutual respect (saling menghargai), comfortable level of closenes (ada cukup
waktu untuk kebersamaan, atau berduaan), adanya tujuan jangka panjang yang
harus dicapai bersama (keluarga sakinah, anak-anak yang sholeh, harga diri dan
masa depan keluarga)
2.
Sebutkan dan jelaskan fungsi komunikasi dalam hubungan akrab pada keluarga!
Jawab:
Menjalin hubungan baik
dengan seseorang ➔
Ketika hubungan baik sudah terjalin timbulah rasa percaya ➔ dan seseorang bisa
membuka diri (Self Disclosure)
3.
Apa yang anda ketahui mengenai 4 ruang
pada diri seseorang menurut teori Johari window? Uraikan dan jelaskan pokok
pokok pikirannya, dan contohnya masing masing ruang tersebut!
Jawab:
Ruang-ruang pribadi
menurut Johari Window
1). Open Area
(diketahui diri sendiri dan orang lain)
2). Blind Area (tidak
diketahui diri sendir namun diketahui orang lain)
3). Hidden Area
(diketahui diri sendiri tetapi tidak diketahui dan orang lain)
4). Unknown Area (tidak
diketahui diri sendiri maupun orang lain)
4.
Sebut dan jelaskan beberapa jenis
Konflik menurut : Verderber dan Fink serta cara – cara resolusi konflik / cara
mengatasi konflik!
Jawab:
1). Ego conflict
Ego Conflict adalah
perseteruan antar induvidu yang salah satu di antaranya tidak mau mengalah. Cara
untuk mengatasi konflik ini dengan cara salah satu pihak harus ada yang mengalah,
karena jika tetap berpegang teguh pada pendiriannya ego conlict tidak dapat
diselesaikan.
2). Trust conflict
Konflik interpersonal
terjadi karena krisis kepercayaan terhadap orang lain. Konflik ini disebut
dengan trust conflict. Cara mengatasinya konflik ini dengan melakukan
komunikasi interpersonal untuk membuat hubungan menjadi akrab dan kepercayaan akan
terbangun dengan sendirinya.
3). Value conflict
Value Conflict dapat
terjadi akibat orang-orang yang terlibat di dalamnya berpegang teguh pada
pendapat tentang penilaian-penilain yang bersifat pribadi. Cara mengatasi
konflik ini dengan saling menghargai perbedaan pendapat satu sama lain.
4). Fact conflict
Fact conflict terjadi
akibat perbedaan pendapat antar induvidu dalam sebuah perspektif karena
disinformasi. Cara untuk mengatasi
konflik ini dengan mencari dan mengumpulkan data yang objektif, karena data itu
akan menjadi jalan keluar dalam konlik tersebut.
5). Pseudo conflict
Konflik ini terjadi
akibat kesalahpahaman. Cara mengatasi konflik ini adalah dengan cara
menggunakan kepala dingin untuk mendiskusikan kesalahpahaman yang terjadi.
UAS
1.
Uraikan tentang personal branding kaitannya dengan Teori dramaturgi
Jawab :
Teori Dramaturgi adalah
teori yang menjelaskan bahwa di dalam kegiatan interaksi satu sama lain sama halnya
dengan pertunjukkan drama. Dalam hal ini, aktor yang menampilkan segala sesuatu
untuk mencapai tujuan tertentu melalui drama yang dilakukannya. Identitas
seorang aktor dalam berinteraksi dapat berubah, tergantung dengan siapa sang
aktor berinteraksi (Widodo, 2010:167).
Lalu personal branding
adalah sebuah pencitraan pribadi yang mewakili serangkaian keahlian, suatu ide
cemerlang, sebuah sistem kepercayaan, dan persamaan nilai yang dianggap menarik
oleh orang lain, atau suatu proses membentuk persepsi masyarakat terhadap
aspek-aspek yang dimiliki oleh seseorang, diantaranya adalah kepribadian,
kemampuan, atau nilai-nilai, dan bagaimana stimulus – stimulus ini menimbulkan
persepsi positif dari masyarakat yang pada akhirnya dapat digunakan sebagai
alat pemasaran. Dan teori dramatulgi ini sangat terkait dengan personal
branding, biasanya seseorang akan memperlihatkan sisi baiknya untuk di
presentasikan kepada orag lain. Salah satunya melalui platform sosial media
seperti instagram.
2.
Deskripsikan jelaskan fitur-fitur dan fungsinya pada IG
Jawab
:
1. Unggah foto dan
video (feed)
Feed Instagram adalah
beranda atau halaman profil yang menampilkan foto dan video yang telah diunggah
ke Instagram. Feed Instagram akan langsung terlihat saat seseorang mengunjungi
halaman profil Anda. Feed Instagram yang bagus dan menarik dapat meningkatkan
jumlah pengikut atau follower dan juga like yang dimiliki.
2. Instastory
Instastory
adalah salah satu fitur inovatif yang dibuat oleh Instagram agar pengguna bisa
berbagi tentang kegiatan sehari-hari mereka, apapun kegitannya bisa dimasukan
ke dalam Instastory yang hanya berdurasi kurang lebih 15-20 detik saja. Dan
Instastory pun tidak tersimpan lama seperti postingan reguler. Instastory ini
hanya tersimpan selama 24 jam dari mulai si pengguna share Instastory tersebut.
Ada yang menggunakan sebagai postingan sementara, ada juga yang memanfaatkan
untuk berjualan, ada yang hanya sekedar ingin pamer dengan kegiatannya, ada
pula yang ingin menunjukan hasil karya mereka dengan ditautkan sebuah link di
dalam Instastory nya.
3. IGTV
Salah satu fitur paling populer dari
Instagram mendapatkan popularitas besar saat ini adalah video IGTV. Untuk
meningkatkan visibilitas video IGTV, Instagram mulai memperlakukannya sebagai
postingan Instagram biasa. Ketika Anda mengunggah video IGTV, video tersebut
akan terlihat di preview berita serta profil followers Anda. Namun, ingat bahwa
itu akan memutar preview 60 detik yang akan menarik followers. Video IGTV akan
membantu Anda mendapatkan followers, tetapi Anda juga dapat membeli pengikut di
Instagram untuk meningkatkan kecepatan proses.
6. Instagram Insight
Fitur Instagram terbaru
ini akan membantu pengguna Instagram Bisnis untuk melihat siapa saja yang
melihat profil bisnisnya. Informasi seperti usia, demografi, serta minat
konsumen akan terlihat di fitur Instagram terbaru ini. Misalnya, rata-rata usia
pengguna yang datang ke profil bisnis adalah 18-30 tahun, yang tinggal di
sekitar Jabodetabek. Insight ini sangat bermanfaat untuk menentukan langkah
marketing apa yang harus dilakukan selanjutnya. Rentang usia juga bisa
dijadikan patokan untuk melihat perkembangan trend.
7. Siaran Langsung
(Live)
Fitur Instagram terbaru
yang menarik perhatian calon pembeli adalah Instagram Live. instagram
beranggapan bahwa bisnis yang melakukan Live mendapat like lebih banyak
daripada mereka yang tidak Live. Konten yang ditampilkan bisa beragam.
Pelanggan biasanya tertarik dengan cerita di balik layar, seperti cerita
pembuatan makanan atau kerajinan tangan.
3. Ambillah contoh 2 IG milik 2
orang (boleh di pilih 1 IG milik artis dan 1 IG milik ibu ibu sosialita atau
orang biasa/ influencer
4. Buatlah analisis pada kedua konten, IG
tersebut. Analisislah bagaimana mereka membranding dirinya, melalui fitur-fitur
pada IG mereka
5. Kaitkan pembahasan analisis branding IG
menggunakan konsep Johari Window dan teori dramaturgi
Jawaban
nomer 3,4, dan 5
1.
Pamungkas
Rizki Rahmahadian Pamungkas, yang lebih
dikenal dengan nama panggung Pamungkas, adalah seorang penyanyi, produser
rekaman, dan penulis lagu, Pamungkas adalah pencipta lagu To the bone sempat booming
di media sosial beberapa waktu belakangan.
No |
Fitur dan tanggal unggah |
Konten fitur di Instagram |
Analisa berdasarkan teori Johari
Window dan Dramatulgi |
Keterangan |
1.
|
Feed instagram / postingan 30 Nov 2021 |
|
Kalau
dianalisa menggunakan Teori
johari window akun @pamunqkas
ini meng-gunakan konsep open area. Dimana semua konten ditujukan untuk
menginfokan dirinya ke folowers
sekaligus mencari uang.ada branding yang terjadi pada ruang personal akun ini Kalau dianalisa Berdasarkan teori dramaturgi akun @pamunqkas membranding dirinya sebagai tokoh musisi |
Jumlah
like : 78,364 Jumlah
komentar: 480 Jumlah
pengikut : 1
juta |
Bahan diambil dari ig @pamunqkas
diakses pada tanggal 29 november 2021
2. Najwa Shihab
No |
Fitur dan tanggal unggah |
Konten fitur di Instagram |
Analisa berdasarkan teori Johari
Window dan Dramatulgi |
Keterangan |
1 |
Feed instagram / postingan 17 Nov 2021 |
|
Berdasarkan
teori Johari Window, postingan foto tersebut merupakan bagian dari open atau
free area dimana publik dan Najwa Shihab sendiri mengetahui bahwa Najwa
Shihab asalah news anchor dalam acara Mata Najwa. Begitu juga jika dilihat
berdasarkan teori dramaturgi yang merupakan bagian dari panggung depan.
Dimana panggung itu berupa atribut dan penampilan fisik lainnya yang
menunjukkan bahwa Najwa Shihab merupakan seorang news anchor dari Mata Najwa. |
Jumlah
like :176,631 Jumlah
komentar: 569 Jumlah
pengikut : 20,6
juta |
Komentar
Posting Komentar